Memulai Belajar Al Quran


Pada kesempatan awal ini saya akan berbagi kepada sahabat semua tentang bagaimana cara belajar membaca alqur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Namun sebelumnya haruslah kita pahami bahwa Al Qur’an itu adalah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril secara mutawatir dan membacanya adalah ibadah.

Firman Allah dalam QS. Al Muzzammil (73) ayat 4,
وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيل
Artinya: “Dan bacalah Al Quran itu dengan tartil”.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari Rasulullah SAW bersabda,
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
Artinya: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alqur`an dan mengajarkannya.”

Mengingat pentingnya Alqur’an sebagai pedoman hidup manusia, maka belajar membaca, memahami, menghayati, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Begitu luasnya ilmu tentang Al Qur’an maka mari kita mulai belajar untuk mempelajari bagaimana membaca Alqur’an yang baik dan benar dengan mudah dan tidak membosankan. Ternyata banyak diantara kita yang bacaan Alqur’annya masih perlu diperbaiki atau bahkan ada yang belum bisa membacanya sama sekali. Nah oleh karenanya ingin berbagi tentang cara belajar membaca Al qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, semoga mudah dimengerti dan bermanfaat untuk kehidupan kita semua.

belajar membaca alquran dengan cepat dan mudah
belajar membaca Alquran
Belajar Al Quran memang lebih afdol dengan bertatap langsung dengan seorang guru yang paham dan mengerti ilmunya, sehingga beliau tahu apakah betul atau salahnya bacaan kita. Selama ini kami memilih ngaji dengan seorang guru yang Insya Allah silsilah keilmuannya sambung sampai Rasulullah SAW. Namun jika memang memiliki keterbatasan waktu dan tempat atau belum memiliki seorang guru yang dijadikan sarana untuk belajar membaca Alqur’an, semoga dengan kehadiran blog ini bisa membantu dalam mempelajari bacaan Alquran. Satu hal yang perlu diketahui bahwa adanya blog ini hanyalah sebagai media berbagi kepada sahabat semua dalam memudahkan belajar membaca Alqur’an, namun tidak bisa dijadikan sebagai pengganti Guru yang sesungguhnya.

Untuk mengawali sesuatu yang baru penting sekali untuk menata hati kita, menjaga niat dan bersungguh-sungguh serta istiqomah dalam mempelajarinya agar tidak mudah menyerah dan berhenti ditengah jalan. Belajar membaca Alqur’an haruslah memiliki kesabaran dan ketelitian dalam mempelajarinya dan jangan tergesa gesa untuk cepat selesai. Nikmatilah tahap demi tahap, materi demi materi yang harus dikuasai. Pelajarilah berulang-ulang materi yang dirasa kurang paham, jadikan materi  tersebut sebagai “PR” yang harus dikerjakan setiap saat sampai menguasainya. Semoga dengan keseriusan kita  dalam belajar,  Allah SWT memberikan hidayah serta kemudahan kepada kita dan berharap pada akhirnya nanti dapat membuahkan hasil dan manfaat yang sebesar-besarnya, Aamiin.

thumbnail
Judul: Memulai Belajar Al Quran
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait alquran, belajar membaca :

1 komentar:

  1. Blue Titanium Art – Cribbage & Dice - TITanium-Art
    Custom clay titanium ranger chips for playing game including dice, playing cards, clubs, or poker titanium trim chips. No artificial color color! Titanium Art chips 출장안마 will match titanium mug your $14.99 · ‎Out of stock titanium scrap price

    BalasHapus

 
Copyright © 2015 Belajar Al Quran Mudah | About - Sitemap - Contact - Privacy
Media Belajar Al Quran Online | Makhorijul Huruf Hijaiyah